SMKN 1 SIKUR

  • SMKN 1 Sikur

    Salah satu SMK Negeri yang berada di Kabupaten Lombok Timur, NTB. Sekolah yang menjalani Program Refocussing dalam bidang Seni & Industri Kreatif serta jurusan Pariwisata sebagai Penunjang... 

  • SMKN 1 Sikur

    SMKN 1 Sikur memiliki potret yang sangat baik, dari sisi infrastruktur sampai suasana lingkungan yang mendukung proses KBM berjalan dengan nyaman...

  • SMKN 1 Sikur

    Sebagai lembaga Pendidikan yang mengutamakan pelayanan terbaik bagi Warga Sekolah dan Masyarakat setempat demi terciptanya mobilitas pendidikan yang lebih sempurna...

  • SMKN 1 Sikur

    Berbagai prestasi yang diraih Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa sebagai komitmen kesungguhan dalam membangun pendidikan yang terampil dan berakhlak mulia...

    MENIMBA ILMU MELALUI WISATA BELAJAR

    Kegiatan belajar mengajar sering kali terdengar selalu dilaksanakan disekolah dan dilakukan didalam kelas. Namun pada hakikatnya kegiatan belajar itu juga dapat terjadi diluar lingkungan sekolah, seperti halnya yang diadakan oleh Hasbi Ahmad, S.Pd ,M.Pd Selalu kepala Sekolah SMKN 1 Sikur melalui Wisata Belajar (26/05/2022).


    Kegiatan wisata belajar ini proses edukasi yang dilaksanakan diluar sekolah dengan mengunjungi berbagai objek wisata dengan memuat pendidikan didalamnya. Berbagai tempat yang bisa dikunjungi para siswa antara lain berupa Taman kota, Museum, Perpustakaan, Taman hiburan, Taman Nasional, serta objek-objek wisata lainnya yang dapat memberikan pembelajaran positif kepada siswa.


    Hal ini menjadi program penting bagi siswa SMKN 1 Sikur, karena Hasbi Ahmad, S.Pd, M.Pd selaku kepala sekolah tengah menyusun program-program penting untuk meningkatkan kompetensi jurusan pariwisata dan seni ekonomi kreatif. Beberapa pertemuan penting dan kegiatan kedinasan terus dilakukan Kepala Sekolah dalam rangka  membangun link and match dengan stake holder, DUDI dan pemangku kepentingan lainnya. Salah satu program wisata belajar seperti inilah menjadi penting bagi sekolah kedepannya.


    “NTB saat ini tengah menjadi sorotan dunia sebagai tempat wisata. Berbagai ivent nasional dan Internasional akan sering dilakukan di sini. Untuk itulah kita sebagai pencetak generasi harus siap dan menyiapkan generasi unggul tersebut guna menghadapi era yang lebih berkembang pesat khususnya pariwisata ini”. Kata Hasbi Ahmad. “Melalui kegiatan wisata belajar, kita harus lebih dahulu mengenal daerah kita agar saat para pengunjung datang, kita dapat memberikan mereka pelayanan terbaik”, imbuhnya.


    SMKN 1 Sikur bukan kali pertama melakukang kegiatan wisata belajar seperti ini, namun sudah memiliki agenda terjadwal tanpa menggangu KBM yang ada, dan kali ini para siswa diajak ke salah satu desa tradisional yang sangat terkenal dengan berbagai hasil kerajinan tangan berkualitas tinggi yaitu Desa Sade Pujut Lombok Tengah.


    Pada kegiatan ini, para siswa langsung melihat berbagai macam hasil kerajinan dan kuliner disana. Beberapa bentuk kerajinan seperti kain tenun juga tak luput diperlihatkan oleh warga setempat, mulai dari proses pembuatan hingga hasil akhir yang siap dipasarkan. Para siswa juga diperkenankan untuk mencoba dan mempraktikan bagaimana proses pembuatannya yang dipandu langsung oleh salah satu keluarga yang sedang melakukan proses tenun.


    Para rombongan SMKN 1 Sikur disambut baik oleh warga setempat dan langsung diajak oleh pemandu wisata setempat untuk memperkenalkan keunikan Desa Sade ini. Tak sedikit para pengunjung lokal bahkan Internasional mendatangi desa wisata ini, karena lokasinyapun sangat strategis tak jauh dari Sirkuit Moto GP Mandalika dan beberapa wisata pantai yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan.


    Para siswa sangat puas dan senang melakukan kegiatan wisata edukasi seperti ini, sebagai momen menambah pengetahuan dan pengalaman belajar tentang berbagai perkembangan sosial budaya khususnya kepada para generasi muda. Kegiatan ini sendiri dikoordinir langsung oleh Yanis Saputra, S.Pd dan beberapa rekan guru yang menjadi pembina Osis serta beberapa pengajar mata pelajaran P5BK.

    Untuk mendapatkan dokumentasi yang baik selama kegiatan wisata belajar ini, Koordinator kegiatan Yanis Saputra, mengajak para Team Media SMKN 1 Sikur untuk meliput langsung kegiatan. Hal ini selain menjadi wisata belajar bagi siswa, juga dapat menjadi media promosi tentang objek-objek wisata Lombok khususny dan Indonesia pada umumnya.


    Spot terakhir yang dikunjungi rombongan SMKN 1 Sikur setelah melalui sirkuit Moto GP adalah sebuah objek wisata pantai yang cukup terkenal didaerah Lombok Tengah,  dikenal dengan nama Pantai AAN.


    Pantai ini juga seringkali dikunjungi para wisatawan lokal dan internasional keran memiliki pemandangan yang sangat indah dan eksotis. Tempat ini dipilih sebagai kunjungan akhir wisata belajar kali ini agar para siswa mendapat susana yang sejuk, tenang, dengan pemandangan yang indah, untuk keseimbangan otak dan pikiran selama proses belajar mengajar yang mereka terima selama di sekolah.


    Kegiatan ini mendapat dukungan penuh oleh Kepala Sekolah, Hasbi Ahmad, S.Pd, M.Pd. Sebagai program sekolah untuk lebih meningkatkan minat belajar dan wawasan lebih luas kepada para siswa SMKN 1 Sikur. Ini sejalan dengan visi misi Sekolah menjadikan SMKN 1 Sikur yang Smart, Inovatif, Kreatif, Unggul dan Religius. #smkbisa #smkhebat #smkbisa #smkluarbiasa #ntbgemilang

    MENIMBA ILMU MELALUI WISATA BELAJAR
    Post Views: 15

    Bagikan

    Alamat:

    Jl. Mataram-Sikur Km 41, Montong Boro Desa Sikur Barat, Kecamatan Sikur, Kab. Lombok Timur-NTB 83661