SMKN 1 SIKUR

  • SMKN 1 Sikur

    Salah satu SMK Negeri yang berada di Kabupaten Lombok Timur, NTB. Sekolah yang menjalani Program Refocussing dalam bidang Seni & Industri Kreatif serta jurusan Pariwisata sebagai Penunjang... 

  • SMKN 1 Sikur

    SMKN 1 Sikur memiliki luas lahan dan posisi yang sangat strategis, dapat diakses dengan cepat. Suasana lingkungan yang mendukung proses KBM berjalan dengan nyaman...

  • SMKN 1 Sikur

    Sebagai lembaga Pendidikan yang mengutamakan pelayanan terbaik bagi Warga Sekolah dan Masyarakat setempat demi terciptanya mobilitas pendidikan yang lebih sempurna...

  • SMKN 1 Sikur

    Berbagai prestasi yang diraih Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa sebagai komitmen kesungguhan dalam membangun pendidikan yang terampil dan berakhlak mulia...

    Peringatan Hari Pendidikan Nasional

    Dunia pendidikan tidak terlepas dari perayaan hari-hari besar Nasional. Salah satunnya adalah Peringatan Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas.

    Hari Pendidikan Nasional ini merupakan simbol peringatan kelahiran sosok pelopor pendidikan di tanah air yaitu Ki Hadjar Dewantara. Selain itu beliau juga dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional sekaligus Bapak Pendidikan Nasional.


    Diperingatinya Hari Pendidikan Nasional ini setiap tanggal 2 Mei yang merupakan hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara dan bisanya dilakukan dengan upacara bendera pada tiap instansi pemerintah. Namun pada tahun ini ada sedikit perbedaan tanggal pelaksanaannya yaitu Tanggal 13 Mei 2022, hal ini dikarenakan pada tanggal 2 Mei 2022 lalu bertepatan dengan hari libur nasional Idul Fitri 2022.


    Upacara Peringatan Hari Pendidikan tahun ini di SMKN 1 Sikur berjalan dengan penuh khidmat. Dimana dalam upacara ini diikuti oleh seluruh civitas sekolah, mulai dari siswa, Guru dan Staf Tata Usaha tanpa terkecuali. Ini merupakan wujud manajemen pendidikan yang diterapkan Kepala Sekolah Hasbi Ahmad, S.Pd, M.Pd dalam menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air dan selalu berperan aktif dalam setiap kegiatan sekolah.


    Kegiatan Upacara dilaksanakan di lapangan olahraga sekolah, dan yang bertindak sebagai pembina upacara adalah wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana Lalu Ismail, S.Pd, M.Pd. Tampak pada tayangan gambar dan video semua guru dan siswa mengenakan pakaian adat suku sasak, hal ini menjadikan jalannya upacara lebih bermakna.


    Lalu Ismail, S.Pd, M.Pd selaku pembina upacara menyampaikan beberapa hal penting yang harus diingat para siswa dalam menempuh pendidikan. Belajar sepanjang hayat merupakan suatu keharusan. Kita diwajibkan menuntut ilmu dari masa dini hingga sampai ke liang lahat seperti yang telah diajarkan oleh Agama Islam. Siswa SMKN 1 Sikur harus terus merasa cinta akan sebuah ilmu, jangan merasa bosan apalagi sampai berhenti menguntutnya papar Lalu Ismail. Ilmu adalah cahaya bagi setiap instan agar tidak tersesat dijalan yang gelap, dan ilmu itu juga akan meninggikan derajat seseorang. Tuntutlah ilmu itu walau sampai ke negeri China imbuhnya.


    Tidak hanya itu, Lalu Ismail, S.Pd, M.Pd juga dalam amanat upacara ini mengajak para guru dan siswa untuk mengenal para Tokoh dan Pahlawan pendidikan di Indonesia dan di daerah Lombok. Salah satau pahlawan yang beberapa tahun lalu di nobatkan sebagai pahlawan Nasional di Lombok adalah Maulana syeikh Tuan Guru Kyai Hajji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Sosok pahlawan dari daerah kita ini hendaknya kita jadikan contoh, mengenal perjuangan-perjuangan beliau semasa hidupnya, pemikiran-pemirikan tentang menjalankan pendidikan dan pembelajaran bagi anak bangsa khususnya di daerah lombok, tegasnya.


    Sebagai momen penting, peringatan Hardiknas memiliki makna yang sangat dalam bagi para siswa terlebih para guru. Seperti halnya yang dirasakan oleh salah seorang guru SMKN 1 Sikur bernama Dwi Adhiyani, S.Pd. guru PPKn sekaligus pengajar Budaya kerja, Kebekerjaan, Kearifan Lokal (P5BK) ini, saat ditanya tentang makna apa yang terkandung dalam peringatan Hardiknas, ia memberikan gambaran bahwa semangat belajar peserta didik harus selalu di kobarkan, menanamkan tekad bahwa “Setiap waktu adalah Belajar, dan setiap pembelajaran adalah perubahan”. Inilah menjadi cita-cita para guru SMKN 1 Sikur, memberikan pendidikan yang terbaik bagi seluruh siswanya.


    Pada sesi akhir sebelum upacara selesai, ada penyampaian puisi dari salah seorang perwakilan dari siswa. Puisi tersebut ditunjukkan untuk para Guru di SMKN 1 Sikur. Dalam penggalan puisinya, siswa tersebut menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga atas segala jasa, jerih payah, usaha dan pengorbanan dari bapak dan ibu guru saat mengajarkan dan membimbingnya hingga sampai saat ini. Tak sedikit dari siswa dan guru meneteskan air matanya saat mendengarkan apa yang disampaikan oleh siswa tersebut. Memang momen ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari, untuk memberikan sedikit surprais ke seluruh peserta upacara termasuk dewan guru dalam suasana Hardiknas.


    Upacara ini berjalan dengan tertib dan lancar, mulai dari petugas upacara hingga kehadiran dewan guru dan staf TU yang cukup banyak. Tak lupa sebagian guru mengabadikan hari peringatan ini dengan berfoto bersama. berpose dengan pakaian adat sasak yang terlihat anggun dan berwibawa. Kegiatan ini dikoordinir oleh beberapa dewan guru salah satunya adalah Yanis Saputra, S.Pd yang biasa mempersiapkan para petugas upacara dan menyusun format kegiatan yang akan dilaksanakan.


    Harapan Kepala Sekolah, Semoga dengan memperingati Hari Pendidikan Nasional ini, SMKN 1 Sikur dapat memberikan pelayanan pendidikan yang terdepan. Menjadikan MSKN 1 Sikur yang Smart, Inovatif, Kreatif, Unggul, dan Religius. #smkbisa #smkhebat #smkpastibisa #vokasikuat #ntbgemilang

    Peringatan Hari Pendidikan Nasional

    Bagikan

    Alamat:

    Jl. Mataram-Sikur Km 41, Montong Boro Desa Sikur Barat, Kecamatan Sikur, Kab. Lombok Timur-NTB 83661