Sejarah SMK Negeri 1 Sikur

Tahun 2007 SMKN1 SIKUR Sebelum dirubah menjadi Sekolah Negeri, Sekolah ini berbentuk Sekolah Swasta yang bernama SMK Sikur dibawah naungan Yayasan Pemrakarsa Pendirian Sekolah atau disingkat dengan YPPS, Yayasan didirikan oleh para Tokoh-Tokoh Masyarakat yang ada di Sikur, Letak sekolah sebelumnya ditempatkan di bekas kantor Desa Sikur. Saat itu SMK Sikur membuka 3 Jurusan yaitu Tataboga, TSM, dan Multimedia yang sebagian besar siswanya berasal dari daerah sikur. Beberapa dari pengurus Yayasan dan Tenaga guru berupaya sekuat tenaga dan berkomitmen tinggi untuk memajukan sekolah ini dengan membangun relasi dengan stake holder, wali siswa serta masyarakat setempat, sehingga Sekolah ini mendapat SK Izin Operasionalnya pada 25 Nov 2010.

Seiring berjalannya waktu, para pengurus yayasan dan komite sekolah serta rekan-rekan guru bersama-sama menyatukan Visi-Misi sekolah untuk menyerahkan wewenang kepengelolaan Sekolah kepada Pemerintah Daerah yang nantinya akan merubah status SMK Swasta menjai SMK Negeri. Bertepatan pada Tahun 2013 SMK Sikur resmi Menjadi SMK Negeri 1 Sikur yang lokasinya berada di Jl. Mataram-Sikur Km 41 Dusun Montong Boro’ Desa Sikur Barat dengan luas lahan yang cukup.

Saat ini SMKN 1 Sikur telah memiliki lebih dari 10 Jurusan dengan jumlah siswa lebih dari 1000, ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan bagi warga sekolah khususnya bagi para Tokoh-Tokoh Masyarakat dan rekan guru yang selama ini berjuang membangun Pendidikan di Kecamatan Sikur dan di Lombok Timur pada Umumnya.

Harapan Masyarakat Sikur agar kedepannya SMKN 1 Sikur ini mampu menghasilkan lulusan yang siap kerja, siap berwirausaha dan dapat menekan angka pengangguran. Melalui program-program Pemerintah Provinsi NTB dan Dinas Pendidikan Provinsi yang saat ini akan menjadikan SMK sebagai tempat produksi berbagai kebutuhan pasar Nasional bahkan Internasional.